Proses Pembentukan Sperma (Spermatogenesis) dan Pembentukan Ovum (Oogenesis) pada Manusia

Pembahasan kali ini akan menjelaskan secara lengkap tentang proses pembentukan sperma, proses pembentukan ovum, proses spermatogenesis, proses oogenesis, foto sperma, proses terbentuknya janin, proses pembentukan spermatozoa, dan proses pembentukan sel telur.

Setelah mengetahui bagian-bagian sistem reproduksi manusia, pada pembahasan kali ini kamu akan mengetahui bagaimana proses pembentukan sperma dan ovum. Proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan sel telur (oogenesis) terjadi melalui pembelahan mitosis dan meiosis.

Pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom sama dengan induknya.

Adapun pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak dengan jumlah kromosom setengah dari induknya.

Proses Spermatogenesis

Spermatogenesis terjadi di saluran-saluran tubulus seminiferus pada testis. Proses ini diawali dengan memblahnya sel induk sperma (spermatogonium) secara mitosis menjadi dua sel anak. Hormon yang merangsang spermatogonium untuk melakukan spermatogenesis ialah FSH (Follicle Stimulating Hormone).

Proses Pembentukan Sperma (Spermatogenesis) dan Pembentukan Ovum (Oogenesis) pada Manusia
Gambar: Proses Spermatogenesis

Sel anak pertama hasil pembelahan tetap seperti keadaan semula untuk kemudian membelah kembali, sedangkan sel anak kedua berkembang menjadi spermatosit primer. Selanjutnya, spermatosit primer membelah secara meiosis menghasilkan dua spermatosit sekunder.

Setiap spermatosit sekunder berkembang menjadi dua spermatid sehingga total dihasilkan empat spermatid. Spermatid adalah calon sperma yang belum berekor. Spermatid lalu berkembang menjadi spermatozoa atau sperma yang berekor.

Spermatozoa atau sperma, kemudian meninggalkan testis menuju epididimis untuk mengalami pematangan. Setelah matang, sperma ber gerak menuju vas deferens. Vas deferens adalah saluran yang ber hubungan dengan saluran uretra sehingga sewaktu-waktu sperma dapat dikeluarkan.

Berapakah jumlah sperma yang dihasilkan setiap harinya?

Setiap hari, sperma yang dihasil kan berjumlah kurang lebih 300 juta, namun hanya satu sperma saja yang dapat membuahi ovum. Seorang laki-laki dapat menghasilkan sperma mulai dia beranjak dewasa.

Proses Oogenesis

Dalam ovarium, terdapat folikel untuk menghasilkan sel telur (ovum). Setelah ovum dilepaskan melalui proses ovulasi, jaringan folikel yang masih ada membentuk suatu struktur yang dinamakan korpus luteum.

Proses Pembentukan Sperma (Spermatogenesis) dan Pembentukan Ovum (Oogenesis) pada Manusia
Gambar: Proses Oogenesis

Sejak dilahirkan, seorang perempuan sudah memiliki lebih kurang 1 juta sel induk telur (oogonium) dalam ovariumnya. Setiap oogonium membelah secara mitosis menjadi dua oosit primer. Lalu, satu oosit primer membelah secara meiosis menjadi oosit sekunder yang ukurannya besar dan badan kutub primer yang ukurannya kecil.

Kemudian, oosit sekunder membelah menjadi ootid dan satu badan kutub sekunder, sedangkan badan kutub primer membelah menjadi dua badan kutub sekunder. Ootid lalu mengalami pematangan menjadi ovum. Berbeda dengan spermatogenesis, proses oogenesis ini hanya menghasilkan satu ovum dari satu sel induk telur.

Berapa lamakah masa reproduksi pada wanita?

Dalam tubuh perempuan, terbentuk jutaan ovum melalui oogenesis. Akan tetapi, kurang lebih 300 ribu saja yang bertahan hingga masa pubertas dan sekitar 400 ovum saja yang dapat matang. Dalam masa aktif reproduksi perempuan, setiap satu ovum mengalami pematangan setiap sebulan sekali.

Jika ada 400 ovum yang dapat matang, berapa lamakah masa reproduksi perempuan? Setelah ovum yang matang habis, habis pula masa reproduksi perempuan dan tibalah saat menopause, yaitu masa berhentinya menstruasi pada usia sekitar 45–50 tahun.

0 Response to "Proses Pembentukan Sperma (Spermatogenesis) dan Pembentukan Ovum (Oogenesis) pada Manusia"

Post a Comment

Petunjuk Penulisan Komentar:
1. Siapapun boleh menuliskan komentar, bahkan sangat penulis harapkan.
2. Berikan kritik, masukan atau bahkan request dengan bahasa yang lugas dan santun.
3. Setiap bentuk link aktif, link mati, spam atau promosi apapun , mohon maaf, akan kami hapus.
4. Sikap santun akan memperindah citra Anda.
Terimakasih...